Jumat, 25 Februari 2011

Siswa


                Dalam era teknologi yang serba canggih sekarang ini semuanya dapat menjadi serba mudah dan praktis termasuk bidang pendidikan dan pengajaran.Sekolah selaku tangan kedua yang merupakan perpanjangan tangan orang tua/masyarakat untuk mendidik dan mengajarkan anak-anaknya untuk menimba ilmu pengetahuan yang sekaligus juga untuk mengembangkan potensi kepribadian agar mereka kelak dapat menjadi orang yang bermanfaat, baik bagi orang tua mereka khususnya dan masayarakat pada umumnya.
                Potensi kepribadian siswa harusla dibangun mulai dari keluarga, dilanjutkan ke sekolah dan terus ke masyarakat Namun dalam perkembangannya siswa-siswa/anak-anak yang usia sekolah seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih sering memanfaatkan media tidak pada tempatnya yang mempunyai dampak negatif terhadap perkembangan mereka.Hal ini sungguh memprihatikan.
                Maka untuk menyikapi masalah ini sekolah selaku lembaga pendidikan haruslah mempunyai perencanaan yang strategis kedepan agar dapat menemukan solusi yang tepat agar kepribadian siswa tidak cendrung negatif atau labil yang dapat  mengabaikan moral dan nilai-nilai yang luhur bangsa yang berasaskan. PancasilaLalu ada pertanyaan bagaimana kita, terutama lembaga pendidikan mempersiapkan siswa –siswa dalam menghadapi era kemajuan teknologi ?

1 komentar:

  1. Keinginan baik ini perlu diwujudkan dalam bentuk langkah-langkah operasional tentang pembinaan dan pemberdayaan kesiswaan. Diantara beberapa sasaran pembinaan kesiswaan, fokuskan salah satu saja untuk jangka pendek misalnya dalam kaitannya dengan kreatifitas yang diperlukan untuk mendukung kecakapan hidup diluar sekolah.

    BalasHapus